A.
Bidan
delima
Pengertian bidan delima
Bidan delima adalah suatu program
terobosan strategis yang mencakup:
1. Pembinaan peningkatan kualitas
pelayanan bidan dalam lingkup keluarga berencana (kb) dan kesehatan reproduksi.
2. Merk dagang/brand.
3. Mempunyai standar kualitas, unggul,
khusus, bernilai tambah, lengkap, dan memiliki hak paten.
4. Rekrutmen bidan delima ditetapkan
dengan kriteria, sistem, dan proses baku yang harus dilaksanakan secara
konsisten dan berkesinambungan.
5. Menganut prinsip pengembangan diri
atau self development, dan semangat tumbuh bersama melalui dorongan dari diri
sendiri, mempertahankan dan meningkatkan kualitas, dapat memuaskan klien
beserta keluarganya.
6. Jaringan yang mencakup seluruh bidan
praktek swasta dalam pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi.
Dasar hukum
1. Uu no. 23 tahun 1992 tentang kesehatan.
2. Anggaran dasar ibi bab ii pasal 8 dan anggaran
rumah tangga ibi bab iii pasal 4.
3. Kepmenkes no. 900/vii/2002 tentang registrasi dan
praktek bidan.
4. Spk (standar pelayanan kebidanan) ibi 2002.
Logo
Bidan Delima

Bidan
|
:
|
Petugas kesehatan yang memberikan pelayanan yang
berkualitas, ramah-tamah, aman-nyaman, terjangkau dalam bidang kesehatan
reproduksi, keluarga berencana dan kesehatan umum dasar selama 24 jam.
|
Delima
|
:
|
Buah yang terkenal sebagai buah yang cantik, indah, berisi
biji dan cairan manis yang melambangkan kesuburan (reproduksi).
|
Merah
|
:
|
Warna melambangkan keberanian dalam menghadapi tantangan
dan pengambilan keputusan yang cepat, tepat dalam membantu masyarakat.
|
Hitam
|
:
|
Warna yang melambangkan ketegasan dan kesetiaan dalam
melayani kaum perempuan (ibu dan anak) tanpa membedakan.
|
Hati
|
:
|
Melambangkan pelayanan bidan yang manusiawi, penuh kasih
sayang (sayang ibu dan sayang bayi) dalam semua tindakan/ intervensi
pelayanan.
|
Bidan delima melambangkan pelayanan berkualitas dalam
kesehatan reproduksi dan keluarga berencana yang berlandaskan kasih sayang,
sopan santun, ramah-tamah, sentuhan yang manusiawi, terjangkau, dengan tindakan
kebidanan sesuai standar dan kode etik profesi.
Logo/branding/merk bidan delima menandakan bahwa bps
tersebut telah memberikan pelayanan yang berkualitas yang telah
diuji/diakreditasi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, memberikan
pelayanan yang berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan pelanggannya (service
excellence).
Visi dan misi
Visi : meningkatkan kualitas pelayanan
untuk memberikan yang terbaik, agar dapat memenuhi keinginan masyarakat.
Misi : bidan delima adalah bidan praktek swasta yang mampu
memberikan pelayanan berkualitas terbaik dalam bidang kesehatan reproduksi dan
keluarga berencana, bersahabat dan peduli terhadap kepentingan pelanggan, sert
No comments:
Post a Comment